Get cash from your website. Sign up as affiliate.

INDONESIA MEMBUAT PESAWAT TERBANG

NOMOR KLIPING :012; JUDUL : INDONESIA MEMBUAT PESAWAT TERBANG ; PENULIS : SW; MEDIA :BOBO; EDISI :?; RUBRIK : INFO BOBO; HALAMAN :32 ; PENERBIT :PT PENERBITAN SARANA BOBO-GRAMEDIA MAJALAH

Pada pameran dirgantara Singapure Airshow yang diadakan pertengahan Februari lalu, PT Dirgantara Indonesia memamerkan produk terbarunya, pesawat CN 235 tipe MPA (Maritim Patrol Aircraft). Pesawat tipe MPA merupakan pesawat yang dirancang khusus untuk patroli pantai.

Woi, ternyata Indonesia juga bisa bikin pesawat, lo. Sebetulnya bukan baru kali ini Indonesia bikin pesawat. Jauh sebelum kita lahir, ternyata, tepatnya 25 tahun yang lalu, IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara) pernah berhasil membuat pesawat CN 235. Pesawat ini merupakan kerjasama Indonesia dengan perusahaan CASA Spanyol.Beberapa tahun kemudian, IPTN berhasil membuat prototipe (model) pesawat N 250. Pesawat ini asli buatan putra-putri Indonesia. Prototipe N 250 terbang pertama kali tanggal 10 Agustus 1995.

Sayangnya, keinginan membuat sendiri pesawat kecil untuk melayani lalu-lintas udara antarpulau-antar kota di negeri kita belum bisa terwujud karena krisis ekonomi. Semoga pembuatan CN 235 ini menjadi awal bangkitnya industri pesawat terbang Indonesia. (sw).

0 komentar: