Get cash from your website. Sign up as affiliate.

PANTAI LOMBHANG DIJAGA RATUSAN CEMARA UDANG

Kita yang selalu duduk di rumah atau hanya jalan-jalan di sekitar kita tentu hanya tahu lingkungan yang dekat dengan lingkungan kita. Berbeda sekali bila Anda seorang petualang yang suka melanglang buana ke sana-ke mari. Mengembara bak burung tak punya sarang. Petualang selalu menemukan tempat-tempat wisata yang indah, meskipun tempat itu letaknya di pelosok. Dan, jika mereka seorang penulis, maka kita akan sangat berhutang padanya, karena mereka akan selalu membagi pengalaman mereka untuk pembaca. Di bawah ini saya arsipkan sebuah tulisan tentang Pantai Lombhang, sebuah pantai yang terletak di sebelah timur Pulau Madura.

NOMOR KLIPING :006; JUDUL : PANTAI LOMBHANG DIJAGA RATUSAN CEMARA UDANG; PENULIS : JOKO; MEDIA :BOBO; EDISI :?; RUBRIK : POTRET NEGERIKU; HALAMAN :18-19; PENERBIT :PT PENERBITAN SARANA BOBO-GRAMEDIA MAJALAH

PANTAI LOMBHANG DIJAGA RATUSAN CEMARA UDANG

Tak ada nyiur di Pantai Lombhang. Namun ratusan cemara udang berdiri kokoh dan rindang. Mereka menjaga Lombhang dari terpaan angin yang menerjang.

Pantai Lombhang (baca: Lombheng) terletak di Kabupaten Sumenep, ujung timur Pulau Madua. aku suka bermain di pantai ini. Sebab, pantai ini berbeda dari pantai yang lain. Pantai ini bersih, pasirnya lembut, an dikelingi ratusan pohon cemara udah yang rindang.

Orang-orang di sini yakin bahwa cemara udang ini berasal dari Cina. Konon, dulu pernah ada kapal dari Cina yang terdampar di pantai Lombhang. Kapal itu membawa banyak muatan, antara lain bibit pohon cemara udang. Semakin lama, pohon cemara udang berkembang emakin banyak sampai menjadi seperti sekarang ini.

Pantai Lombhang sangat lebar, hampir selebar lapangan sepak bola. Sangat asyik untuk main kejar-kejaran atau bersepeda. Di sekitar pantai, banyak orang menanam cemara udang untuk dijual sebagai tanaman hias. Cemara ini ditanam dalam pot. Sebagian besar ditanam dengan cara dibonsai.

Cemara udang dijual mulai dari harga Rp 50.000,00 sampai Rp 1.500.000,00. Semara bonsai yang berumur 5 tahun dihargai 1,5 juta. bonsai yang dibuat dari biit lebih mahal dari bonsai cangkokkan. Harga bonsai cangkokan hanya sekitar Rp 10.000,00.

Kalau kita naik kendaran menuju Pantai Lombhang, kita akan seperti tamu terhormat mendatangi pesta. Cemara udang berderet rapi di kanan kiri jalan. Seolah-olah mereka berdiri berjajar menyambut kedatangan kita. Sangat indah.

Cemara udang tidak sia-sia tumbuh di pantai Lombhang. Ia melindungi kami dari angin kencang, membuat pantai menjadi rindang dan lebih menyenangkan (Joko) kembali ke atas

0 komentar: